25/09/10

Peranan Penting Sistem Informasi Manajemen (SIM) di Perusahaan.


Tema :
Definisi dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen (SIM)

1.      Pendahuluan
Informasi merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang, organisasi maupun perusahaan. Karena dengan adanya informasi kita bisa memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai sesuatu hal apapun saat ini. Namun, agar informasi itu dapat diterima dan disampaikan dengan baik, maka seseorang harus mengetahui bagaimana cara penyampaian informasi tersebut melalui sistem informasi. Lebih tepatnya lagi yaitu sistem informasi manajemen.

2.      Tinjauan Pustaka

3.      Pembahasan
Definisi sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sedangkan fungsi sistem informasi manajemen adalah untuk meningkatkan produktivitas sebuah perusahaan, mengembangkan perencanaan yang efektif untuk langkah perusahaan kedepannya, dalam pengambilan keputusan, dll. Sebelum data diolah menjadi sebuah informasi yang baik  maka suatu perusahaan harus :
1. mencari data, dalam pencarian data, manusia dan mesin harus saling bekerja sama untuk mendapatkan informasi yang tepat, akurat dan dapat dipercaya.
2. menginformasikan data, setelah data didapat, maka informasi diberikan kepada user agar mereka dapat mengetahui perkembangan sebuah produktivitas perusahaan.
3. menyimpan data, data yang disimpan digunakan sebagai referensi untuk menentukan langkah suatu perusahaan ke depannya. Penyimpanan data biasanya dikumpulkan pada sebuah database.
Semua hal tersebut sangat berkaitan dalam menciptakan sebuah sistem informasi manajemen yang baik dalam sebuah perusahaan. Jadi sistem informasi manajemen berperan penting bagi terciptanya suatu informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri.

4.      Penutup
Pesan dan saran : Di dalam informasi sering kali ada informasi yang kurang berguna yang membuat suatu informasi menjadi kurang baik.  Jadi seharusnya data diolah sebaik-baiknya menjadi sebuah informasi yang berguna dan berkualitas bagi pengguna atau perusahaan sehingga sistem informasi manajemen dapat berjalan dengan baik guna meningkatkan kelangsungan perkembangan perusahaan.

Kesimpulan : Bisa saya simpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen sangat berguna dalam mengolah data menjadi sebuat informasi yang tepat, akurat dan berkualitas yang dibutuhkan perusahaan. Informasi bisa diperoleh dari berbagai teknologi yang tersedia saat ini, baik online maupun offline. Sehingga teknologi saat ini sangat mendukung terciptanya sistem informasi manajemen.

5.      Referensi
http://www.google.com (akses 24/09/2010)
http://www.yahoo.co.id (akses 24/09/2010)

9 komentar:

  1. menurut saya sistem informasi manajemen dalam perusahaan memang sangatlah penting. karena apabila di suatu perusahaan tidak memiliki sistem informasi manajemen maka perusahaan tersebut tidak dapat memiliki informasi di luar sana. seperti yang di sebutkan fungsi sistem informasi manajemen adalah untuk meningkatkan produ...ktivitas sebuah perusahaan, mengembangkan perencanaan yang efektif untuk langkah perusahaan kedepannya, dalam pengambilan keputusan itu adalah benar.

    BalasHapus
  2. Iya,selain itu juga perusahaan bisa mengontrol semua sumber daya yang ada diperusahaan dengan baik. Sebenarnya masih banyak lagi hal yang bisa didapat dari penerapan sistem informasi, namun kembali lagi kepada kemampuan perusahaan tersebut dalam mengelola sistem informasi tersebut.

    BalasHapus
  3. Yap, itu merupakan konsep sistem informasi yg diterapkan di perusahaan. Terkadang sistem informasi juga masih kurang berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  4. Iya memang, tapi mungkin itu karena kurangnya pemahaman akan makna, fungsi, serta konsep yang diterapkan secara tepat dan baik dari perusahaan itu sendiri.

    BalasHapus
  5. Mungkin itu salah satunya. Ya semoga aja sistem informasi manajemen bisa benar-benar dipahami dan diterapkan secara tepat.

    BalasHapus
  6. apakah masyarakat dewasa ini sudah mengerti definisi tentang SIM..?

    apakah sudah benar cara mereka meperlakukan SIM?

    hehehe,,

    jawab yaa.
    ane tunggu coy.. :)

    BalasHapus
  7. ikutan ya !!!
    ahahah

    seandainya dalam suatu SIM terdapat kesalahan sedikit sekali, apa akan menghancurkan semua sistem tersebut ? kalau iya, berarti fatal banget dong...
    kalau nggak gimana jadinya ??

    BalasHapus
  8. maillevic : menurut saya tidak sedikit yang kurang memahami pengertian SIM. Sehingga penerapannyapun masih kurang baik.


    yugidwianggoro : sistem informasi manajemen digunakan untuk mengambil keputusan-keputusan strategis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun saya tidak bisa mengatakan fatal atau tidaknya, karena kita lihat terjadi kesalahan pada sistem apa? Mungkin jika terjadi pada sistem databasenya maka akan berakibat perusahaan tidak akan bisa mengontrol sumber daya dan mengambil keputusan. Karena sistem ini merupakan tempat penyimpanan informasi.

    BalasHapus