22/10/12

Tugas 3 Ilmu Sosial Dasar



PEMUDA

- Definisi Pemuda
Secara hukum pemuda adalah manusia yang berusia 15 – 30 tahun, secara biologis yaitu manusia yang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kedewasaan seperti adanya perubahan fisik, dan secara agama adalah manusia yang sudah memasuki fase aqil baligh yang ditandai dengan mimpi basah bagi pria biasanya pada usia 11 – 15 tahun dan keluarnya darah haid bagi wanita biasanya saat usia 9 – 13 tahun.
Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani berbagai macam – macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang mengisi dan melanjutkan estafet pembangunan.

- Peran Pemuda di Masyarakat
Pemuda memegang peranan penting dalam masyarakat, salah satunya adalah sebagai penggerak perkembangan dan kemajuan bangsa. Seorang pemuda haruslah memepunyai jiwa nasionalisme yang tinggi, sehingga bisa menggerakkan masyarakat untuk menjadi bangsa yang kuat dan mencintai tanah air sendiri.
Pemuda juga memiliki peran untuk menjadi contoh dalam masyarakat, yaitu menjadi penggagas untuk menjadi masyarakat yang aktif berkarya dan mengharumkan nama bangsa. Namun masih banyak pemuda-pemuda dalam masyarakat yang mengarah keperan-peran yang merugikan diri mereka sendiri, seperti memakai obaat-obatan terlarang, bertindak anarkis dan lain sebagainya.
Pemerintah seharusnya lebih serius dalam menangani pemuda-pemuda Indoesia yang seperti itu, mereka harus disadarkan dan dibimbing untuk menjadi pemuda-pemuda yang berguna dan menjadi kebanggaan Negara. Dan pemerintah sendiri pun harus mengoreksi diri agar bisa menjadi contoh yang baik dan bijaksana dalam menjalani tugasnya. Sehingga masyarakat bisa merasa dipedulikan dan adil serta memiliki derajat dan harga diri yang baik.
Semua peranan yang dimiliki para pemuda di Indonesia haruslah bisa menjadikan masyarakat dan bangsa ini menjadi lebih baik. Sumpah Pemuda sudah diucapkan oleh para pemuda Indonesia, itu seharusnya menjadi awal kebangkitan pemuda-pemuda Indonesia untuk menjadikan masyarakat,bangsa dan tanah air Indonesia menjadi berkembang dan maju serta menjadi masyarakat yang aktif dalam membangun Negara Indonesia.
Dalam hal ini, masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama dalam mewujudkannya. Karena untuk mencapai itu semua tidak dapat dilakukan oleh masyarakat saja ataupun sebaliknya, melainkan butuh kerjasama. Masyarakat dan pemerintah saling berhubungan satu sama lain untuk memajukan Indonesia. Mari kita saling bekerja sama dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan berkembang.

Referensi :
http://batasakhirketikan.wordpress.com/2011/10/14/2-definisi-pemuda/
http://rudi-wxj.blogspot.com/2012/01/peran-pemuda-dalam-masyarakat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar