22/10/12

Tugas 4 Ilmu Sosial Dasar



DEMONSTRASI

- Definisi Demonstrasi
Unjuk rasa atau demonstrasi (”demo“) adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum.

- Penyebab
Unjuk rasa/demonstrasi dapat disebabkan oleh banyak hal. Unjuk rasa umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah, adanya ganjalan atau ketidakharmonisan hubungan antara pekerja dan pengusaha. Adanya tuntutan yang diajukan pekerja, yang tidak ditanggapi atau tidak dapat dipenuhi oleh pengusaha, seringkali menimbulkan gejolak dan konflik yang diikuti unjuk rasa dan Demonstrasi

- Seperti apa demo yang baik
Demonstrasi/unjuk rasa kadang dapat menyebabkan pengrusakan terhadap benda-benda dan fasilitas umum. Hal ini dapat terjadi akibat keinginan menunjukkan pendapat para pengunjuk rasa yang berlebihan. Sebaiknya, demonstrasi dilakukan dengan damai, tidak anarkis dan bisa juga dengan cara yang kreatif. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan dan mengganggu keamanan orang lain. Demonstrasi juga dapat tersampaikan dengan baik kepada pihak yang dituju. Tentunya pihak keamanan harus tetap berperan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan.

- Tanggapan seperti apa yang diinginkan.
Para pendemo tentunya ingin mendapatkan respon yang baik dari pihak yang dituju dengan mencari atau memberikan solusi yang terbaik. Sehingga konflik yang terjadi dapat cepat diselesaikan dengan baik. Solusi itu harus disepakati oleh kedua belah pihak.  

Referensi :
http://batasakhirketikan.wordpress.com/2011/10/14/2-definisi-pemuda/
http://jayboana.blogdetik.com/2012/03/29/apasih-arti-demonstrasi-sesungguhnya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar