24/04/11

Banyaknya Warga Asing Yang Mengeksplorasi Budaya Indonesia


Sering kita lihat belakangan ini beberapa stasiun televisi menayangkan acara-acara mengenai kebudayaan Indonesia. Mulai seni musik, seni tari dan sebagainya. Namun, dalam tayangan tersebut banyak orang asing yang mempelajari kebudayaan Indonesia. Dari belajar cara menggunakan alat musik tradisional, seni wayang, seni tari dan lain-lain. Apakah orang asing itu salah?? Yang semestinya kitalah sebagai warga Negara Indonesia yang mempelajari dan melestarikan kebudayaan kita sendiri. Ya mungkin kita bisa bangga karena ada orang asing yang tertarik ingin mempelajari kebudayaan Indonesia. Tapi pernahkah kita berpikir, jika suatu saat budaya kita dikuasai oleh Negara lain?? Tentunya jangan sampai hal itu terjadi.
Kita lihat saat ini banyak kebudayaan kita yang diakui oleh Negara lain. Apa yang bisa kita perbuat?? Kita tidak bisa hanya marah, tetapi kita juga harus melakukan sesuatu agar kebudayaan kita bisa dikenal oleh Negara lain.
Kita harus sadar bahwa budaya kita sudah mendunia. Apa yang harus kita perbuat jika orang asing lebih mengenal budaya Indonesia ketimbang masyarakat Indonesia itu sendiri. Mungkin ini juga dampak dari era globalisasi saat ini. Masyarakat lebih tertarik dengan budaya barat yang masuk ke Indonesia yang sesungguhnya tidak semua budaya barat itu bisa kita terima.  Sekarang budaya-budaya tradisional tengah "terjajah" dengan "budaya" asing yang terlihat sangat "keren" di mata anak muda.
Pernahkah kita berpikir, budaya Indonesia sudah mendunia tapi apakah nama Indonesia sudah mendunia juga?? Budaya Indonesia adalah identitas yang kita miliki yang bisa menjadi kebannggan Indonesia. Jadi, seharunya kitalah yang melestarikan budaya kita. Jadi, inilah waktunya buat kita, pemuda, untuk (minimal) lebih mengapresiasi budaya yang kita punya sebelum kita harus jauh-jauh belajar ke negeri asing hanya untuk belajar budaya yang sebenarnya budaya kita sendiri.

Referensi :
http://umum.kompasiana.com/2009/08/26/budaya-indonesia-sudah-mendunia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar