28/10/10

Mengulas seputar Electronic Data Interchange (EDI) dan Information Organisation System (IOS).


1.      Pendahuluan
Dalam bersaing dibutuhkan suatu strategi untuk mencapai keunggulan secara kompetitif. Disini saya akan mengulas mengenai Electronic Data Interchange (EDI) dan Information Organisation System (IOS).

2.      Tinjauan Pustaka
Pengertian Electronic Data Interchange (EDI) dan Information Organisation System (IOS) dikutip dari : http://sriwiji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/18257/Modul+2+SIM.doc

3.      Pembahasan

Pertukaran Data Elektronik

Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan.   Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.

Manfaat EDI
Beberapa manfaat EDI langsung berasal dari teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan kesalahan, pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat lain di hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak langsung dari peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra dagang yang lebih baik, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.

 
 Dengan pertukaran data elektronik, setiap perusahaan akan mengetahui kondisi pasar saat ini dan persaingannya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dari segi produk dan pelayanannya.

Rancang Ulang PROSES Bisnis

Penggantian proses yang ketinggalan jaman dengan yang lebih baru disebut rancang ulang proses bisnis (business process redesign, BPR).
BPR mempengaruhi jasa informasi (IS) dalam 2 cara.
Pertama, IS dapat menerapkan BPR untuk merancang ulang sistem berbasis komputer yang tidak dapat dipertahankan lagi melalui pemeliharaan sistem biasa karena pesatnya pengembangan teknologi saat ini. Sistem seperti itu disebut sistem warisan (legacy system) karena terlalu berharga untuk dibuang tetapi memboroskan sumber daya IS.
Kedua, jika perusahaan menerapkan BPR untuk berbagai operasi utamanya, usaha tersebut pasti menimbulkan dampak gelombang yang mengakibatkan rancang ulang berbasis komputer.
Sebelumnya kita harus perhatikan komponen dari BPR, yakni :
      Kualitas fungsional
Ukuran mengenai apa yang bisa dilakukan oleh sistem. Apa sistem tersebut masih mendukung untuk pengolahan data secara baik atau tidak.
      Kualitas teknis
Ukuran bagaimana fungsi tersebut dilakukan. Apakah memudahkan dalam pengolahan data, peningkatan operasional atau justru sebaliknya.

Sistem Antar-organisasi (IOS)

IOS (Interorganizational system), kadang-kadang disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.  Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Manfaat IOS
Para mitra dagang ikut dalam IOS dengan harapan memperoleh manfaat tertentu.  Manfaat itu terbagi dalam dua kategori – efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.

1.      Efisiensi Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing. Karena adanya kerjasama antar mitra dagang, sehingga terasa lebih ringan dalam menyediakan barang dan jasa.
·         Efisiensi internal
o   Terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam operasi perusahaan itu sendiri, sehingga sehingga perusahaan dapat mengumpulkan, menganalisa dan mengambil keputusan secara cepat.
  • Efisiensi antar organisasi
o   Mencakup perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan lain. Sehingga perusahaan dapat menawarkan barang dan jasa lebih banyak dan melayani banyak pelanggan.

2.      Kekuatan Tawar Menawar
Kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power). 
IOS memiliki landasan teoritis yang kuat – delapan elemen lingkungan yang dihubungkan oleh arus sumber daya.  Untuk alasan itu, tidaklah mengejutkan bahwa IOS telah menjadi strategi dominan untuk mencapai keunggulan kompetitif.  Juga tidaklah mengherankan bahwa hubungan data dicapai secara elektronik, suatu strategi yang disebut pertukaran data elektronik.


4.      Penutup

Pesan dan saran : Dalam IOS harus mengetahui karakter mitra kerja yang bergabung, sehingga bisa saling bekerjasama dan mencapai tujuan yang diinginkan dan mencapai efisiensi antar organisasi. Dan tidak terjadi perselisihan dengan pemasok dan pelanggan.

Kesimpulan: Electronic Data Interchange (EDI) dan Information Organisation System (IOS) suatu strategi yang digunakan untuk memperoleh manfaat tertentu dalam hal mencapai keunggulan kompetitif melalui sistem data elektronik.

5.      Referensi


1 komentar:

  1. mohon ijin copas
    salam alabaster
    hahahahahahahah
    http://www.alabaster.tk

    BalasHapus