28/10/10

Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik pada masa kini.


1.      Pendahuluan
Internet membuka peluang yang baik hampir di semua bidang bisnis, yaitu perdagangan barang dan jasa melalui jaringan elektronik. Disini akan dibahas mengenai perdagangan melalui jaringan elektronik pada masa kini.

2.      Tinjauan Pustaka
Sejarah Internet dan Arpanet dikutip dari :


3.      Pembahasan

Teknologi Perdagangan melalui  Jaringan Elektronik

Pilihan teknologi
Terdapat tiga pilihan teknologi utama, yakni :
         Sambungan Langsung, menggunakan sirkuit yang disedian oleh jasa telekomunikasi
         Jaringan bernilai tambah, antara lain berupa layanan perangkat lunak, pengolahan data, dll
         Internet, memungkinkan jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra bisnis tetapi juga mencakup

Perkembangan Internet

Asal muasal internet dapat ditelusuri ke tahun 1979, ketika pemerintah A.S. membentuk suatu jaringan yang dinamakan ARPANET, dan terhadap berbagai upaya yang dimulai pada tahun 1989 yang mengarah yang sekarang dikenal sebagai World-Wide Web.
ARPANET
Tujuan ARPANET, suatu produk dari Advanced Research Projects Agency, adalah untuk memungkinkan personil militer dan periset sipilbertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer.  Itu adalah jaringan pertama untuk memperlihatkan kemampuan transmisidata dalamn bentuk paket dari komputer ke komputer.
ARPANET masih ada.  Bahkan, bersama dengan dua jaringan lain -  CSNET (Computer Science Network) dan NSFNET (National Science Foundation Network), ARPANET membentuk apa yang sekarang disebut internet.  Internet adalah nama yang diberikan pada koleksi jaringan komputer terbesar di dunia, masing-masing terdiri dari jaringan-jaringan yang lebih kecil.
Ketika seseorang meminta data dari internet, permintaan itu berpindah dari komputer di seluruh jaringan hingga mencapai  lokasi tempat data itu disimpan.  Tanggapan mengikuti jalur komputer ke komputer yang sama kembali ke orang yang membuat permintaan itu. 
Selama tahun 1970-an, pekerjaan di ARPANET terdiri dari menghubungkan berbagai jaringan dan mengembangkan perangkat lunak antar jaringan yang diperlukan.  Selama awal tahun 1980-an jaringan itu lalu dikenal sebagai internet, dan selama periode ini perusahaan-perusahaan bisnis mulai menggunakannya dari workstastion dan jaringan lokal.

Aplikasi Bisnis dari internet

Internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang melibatkan komunikasi data termasuk komunikasi baik di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Internet memiliki keunggulan dibanding jenis jaringan lain yang biasa disebut jaringan setempat atau yang biasa kita kenal dengan Local Area Network (LAN), jaringan metropolitan (MAN), dan jaringan yang luas Wide Are Network (WAN). internet memungkinkan transmisi media yang lebih beragam daripada yang ditangani banyak perusahaan melalui jaringan konvensional mereka. Internet digunakan perusahaan untuk pemasaran atau bisnis. Karena pelanggan dari perusahaan tersebut menggunakan internet untuk mengetahui produk-produk terbaru dan jasa yang ditawarkan suatu perusahaan. Sehingga perdagangan melalui jaringan elektronik saat ini cukup berpotensi. Internet juga menawarkan suatu cara baru untuk menapai suatu segmen pasar yang jumlahnya dapat mencapai jutaan.  Selain itu internet memberikan bagi para pemasar suatu cara untuk tetap maju dalam persaingan.

4.      Penutup

Pesan dan saran : Harus diperhatikan juga dalam hal keamanannya. Masih banyak yang meragukan sistem keamanannya. Karena internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Kesimpulan: Jaringan elektronik telah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memasarkan produk, barang dan jasa. Karena untuk memudahkan semua operasi perusahaan. Walau tidak semua perusahaan ikut dalam keramaian perdagangan melalui jaringan elektronik.

5.      Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar