30/04/12

5 Jenis Camilan Ini Mampu Tingkatkan Energi


Menikmati camilah kala santai memang menjadi salah satu cara untuk mengganjal perut serta mengurangi rasa lapar. Namun tentunya jangan asal dalam memilih makanan ringan yang hendak anda makan, karena paling tidak makanan tersebut harus memiliki beragam kandungan yang dapat menyehatkan. Nah, beberapa makanan ini mungkin dapat anda konsumsi saat anda ingin memperoleh camilan yang sehat.

Apakah Anda sering merasakan lapar di luar jam makan atau saat santai di sofa menikmati tayangan televisi? Pasti camilan menjadi sasaran empuk yang Anda makan bukan?

Nah, ketimbang makan camilan ringan yang jauh dari unsur kesehatan, kenapa tak mencoba beberapa makanan camilan seperti di bawah ini. Selain mengandung gizi, perut pun terisi. Demiki yang dilansir dari Times of India.

Smoothies

Buah tak hanya sehat dan lezat tetapi sangat efektif mengganjal perut. Agar lebih variatif, buatlah jus dari buah-buahan seperti apel, pisang, stroberi yang ditambahkan sedikit gula manis. Jika ingin rasa terbaik, Anda pun dapat menambahkan sedikit madu untuk memberikan variasi rasa. Makanan ini sangat baik karena mengandung serat, vitamin, dan mineral penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Salad jagung

Jagung tersedia di hampir semua musim sehingga tak sulit untuk mencari panganan satu ini. Rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah membuat jagung tak bosan untuk dikonsumsi. Jagung merupakan sumber vitamin B terbesar terutama tiamin dan niacin. Jagung kuning merupakan sumber beta karoten yang baik dimana terdapat pula vitamin A di dalamnya.

Untuk membuat salad jagung, ambil segenggam jagung, kemudian tambahkan potongan buah zaitun cincang, tomat, paprika, dan bawang. Tambahkan air dan potongan jeruk nipis, serta sejumput gula dan garam kemudian masak hingga matang. Agar lebih lezat, tambahkan sedikit minyak zaitun dan beberapa sayuran lainnya.

Sandwich kacang panggang

Ini adalah salah satu sandwich termudah yang bisa dipersiapkan. Caranya, panggang dua potong roti gandum kemudian lumuri dengan kacang panggang kalengan yang tersedia di pasar. Roti panggang pun siap dimakan.

Makanan ini sangat baik dikonsumsi karena kandungan kacang merupakan sumber protein yang sangat baik serta roti gandum yang merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan kaya serat sehingga dapat menahan lapar Anda selama beberapa jam ke depan. Selain kacang panggang, tomat yang terkandung di dalamnya pun mengandung lycopene dan antioksiden yang membantu memerangi pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Buah dan yoghurt

Ambil buah dan cincang kasar hingga beberapa bagian. Taruh hasil cincangan buah ke dalam mangkuk dan campur dengan secangkir yoghurt dan madu. Taburkan beberapa buah-buahan kering seperti almond, kacang mete, kenari atau aprikot dan kurma. Camilan ini akan memberikan Anda energi ekstra selama beberapa jam ke depan. Yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik dan diperlukan oleh tulang. Tak hanya itu, yoghurt pun mengandung bakteri yang berguna untuk pencernaan dan baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. (lw/okezonecom)

Selain mengurangi rasa lapar menjelang makan besar, cemilan tersebut diatas juga dapat menambah energi yang membuat kita menjadi semakin semangat dalam menajalankan aktivitas. Cemilan yang menyehatkan dan bermanfaat.

Sumber
http://health.lintas.me/article/noyainfo.blogspot.com/5-jenis-camilan-ini-mampu-tingkatkan-energi-/1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar