28/04/13

Mensyukuri Keindahan dalam Diri Kita





Bicara mengenai keindahan, pikiran kita akan terbayang mengenai sosok wanita. Ya memang keindahan memang identik dengan wanita. Saat ini banyak wanita yang ingin terlihat indah di depan setiap orang. Biasanya dengan mengunjungi salon kecantikan atau bahkan sampai ada yang melakukan operasi kecantikan demi terlihat indah. Hal itu memang bukan hal yang tabu lagi di jaman modern saat ini, kecanggihan teknologi membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Seseorang yang memiliki wajah biasa saja bisa diubah menjadi cantik. Manusia memang tak akan pernah puas dengan apa yang Tuhan telah berikan. Tetapi bukankah sebaiknya kita bersyukur dengan apa yang telah Tuhan anugrahkan kepada kita? Allah telah menciptakan manusia dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Di jaman modern ini juga banyak yang menampilkan keindahan tubuhnya dengan 'buka-bukaan' dan berpakaian tidak semestinya. Sehingga hal itu dapat memancing perbuatan yang tidak diinginkan. Apakah dengan 'buka-bukaan' itu merupakan suatu keindahan? Menurut saya, Keindahan tidak bisa diukur dari keindahan fisik saja, tetapi juga ucapan dan tingkah laku seseorang. Cara berpakaian pun dapat menimbulkan penilaian orang lain terhadap seseorang. Dengan memakai pakaian yang baik akan tampak kecantikan dan keanggunan seorang wanita. Selain itu, dengan berpakaian yang baik akan menjaga kehormatan wanita. Berpakaian yang baik yaitu dengan tidak memperlihatkan bagian tubuh yang tidak sepantasnya diperlihatkan. Bagi wanita muslim, menggunakan jilbab adalah salah satu cara untuk menutup aurat. Dengan memakai jilbab seluruh tubuh tertutup kecuali muka dan telapak tangan, maka tidak akan mungkin ada laki-laki iseng yang tertarik untuk menggoda dan mencelakakannya selama ia tidak berperilaku yang berlebih-lebihan. Sehingga kejadian-kejadian seperti perkosaan, perzinaan, dsb dapat dihindarkan. 

Hal ini memancing beberapa komentar dari wanita barat yang tertarik dengan agama islam. Mereka berkomentar dan mengatakan seperti yang dilakukan oleh Lucette Valensi, dosen perempuan di sekolah tinggi ilmu sosial Paris mengatakan, “Perintah Al Quran untuk menjaga kemuliaan dan pakaian ditujukan baik kepada lelaki, maupun perempuan. Perintah ini sangat jelas tercantum dalam Al-Quran, dimana perempuan mukmin tidak dibenarkan untuk memperlihatkan perhiasannya kecuali beberapa bagian tertentu. Sementara itu, kaum laki-laki yang beriman juga diperintahkan untuk menahan pandangannya dan memelihara dirinya. Jilbab merupakan semacam pelindung bagi kaum perempuan untuk menjaga harga dirinya sendiri dan harga diri keluarganya.”
Seorang wanita bernama Fatimah Lensel, salah seorang pakar Islam Austria berkata, “Penggunaan jilbab bagi wanita muslimah merupakan sebuah nilai dan sebuah pilihan yang murni.” . Fatimah Harnesi, salah seorang wanita Austria yang baru memeluk agama Islam berkata, “Keterbatasan jilbab, merupakan nilai yang lebih tinggi dari kebebasan biasa manusia, karena pakaian agama merupakan kunci kebebasan dari penjara hawa nafsu bagi perempuan dan masyarakat.
Hari ini saya memahami bahwa jilbab merupakan pelindung perempuan. Jilbab menghalangi penjualan harga diri dan menghalangi diri dari tatapan atau perhatian orang asing. Kenyataannya, jilbab yang tidak memperdagangkan fisik perempuan, merupakan perhiasan nilai bagi jiwa dan kemanusiaan seseorang. Karena itu, jilbab sesungguhnya adalah pakaian yang mulia dan terpuji.” (Dikutip dari : http://keindahanberjilbab.blogspot.com/)

Ternyata banyak pelajaran yang bisa diambil dari penggunaan jilbab. Salah satunya, jilbab dapat menjaga kehormatan wanita dan membuat wanita terlihan indah, anggun dan menawan. Untuk manusia yang diberikan fisik dan wajah yang indah, bukanlah untuk menjadi sombong. Keindahan ada dalam diri akan terlihat jika seseorang memiliki pribadi yang baik dan santun. Dan sebaiknya kita mensyukuri dan menjaga apa yang telah Allah berikan agar terpancar keindahan dalam diri.

Kutipan : http://keindahanberjilbab.blogspot.com/
Gambar :  http://www.komhukum.com/komhukum-pariwisata-detail-711-perawatan-intens-bagi-wanita-berhijab.html#.UYswj2c8WSo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar